Unit Tamyiz Fakultas Ekonomi & Bisnis UIA Diresmikan

0
60

Jatiwaringin (Kampus 2 UIA) ~ Metode Tamyiz adalah sebuah cara baru dalam belajar bahasa Arab atau bahasa Al-Qur’an. Metode ini didedikasikan bagi umat Islam yang ingin dalam jangka waktu cepat mampu menerjemahkan al-Qur’an 30 juz. Pelatihan telah dilakukan di banyak tempat, baik bagi peserta umum maupun bagi calon pengajar.

TAMYIZ adalah buku lembar kerja (worksheet) tentang formulasi teori dasar kuantum nahwu-shorof yang masuk dalam katagori Arabic for Special Purpose (ASP) dengan target sangat sederhana yaitu pintar tarjamah Qur’an. Metode TAMYIZ sudah launching di panggung utama PESTA BUKU JAKARTA, Istora Senayan Jakarta tanggal 4 juli 2009.

Sebagai sebuah hasil riset panjang dan akan disebarluaskan untuk masyarakat, baik untuk muslim di Indonesia maupun muslim di seluruh dunia, maka TAMYIZ telah tercatat sebagai produk intelektual dengan Hak Cipta No. 016445 Tanggal 05 Mei 2010.

Unit Tamyiz Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam As-Syafi’iyah (FEB-UIA) diresmikan oleh Rektor UIA, Dr. Masduki Ahmad, SH., MM. Dihadiri Dekan FEB-UIA, Drs. H. Markidi, MM dan seluruh jajaran FEB-UIA, para dosen dan para mahasiswa. Peresmian itu juga ditampilkan cara atau metode Tamyiz oleh para mahasiswa.

Pembina Unit Tamyiz FEB-UIA, ibu Chusnah, SE.MM, mengatakan dalam upaya mengembangkan wawasan berbahasa Arab, akhir-akhir ini banyak diterbitkan buku-buku yang menitik beratkan pada kajian kebahasaan. Hal ini sangat logis, karena dalam upaya mendalami ilmu-ilmu keislaman, bahasa Arab merupan kunci utama yang harus dimiliki oleh setiap pengkaji, baik di pesantren-pesantren hingga perguruan tinggi.

Dalam pembelajaran bahasa arab, dikenal ada empat keterampilan yang harus dimiliki siswa, yaitu keterampilan mendengar (maharah al- istima’), keterampilan berbicara (maharah al- kalam), keterampilan membaca (maharah al- qira’ah), dan keterampilan menulis (maharah al- kitabah),” tambahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here