Student Research Expo On Elt Innovation

0
489

fkip-bi student expo 4Jatiwaringin (UIA) ~ Penelitian bukanlah hal yang mudah, butuh proses yang lama dan analisis lebih mendalam atas hasilnya. Demikian topik pada acara “Student Research Expo On Elt Innovation” yang diselenggarakan oleh Program Studi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iyah (FKIP-UIA).

Acara yang digelar di ruang Auditorium Gedung Alawiyah lantai 8 Kampus UIA, Sabtu 11 Juni 2016 itu di ikuti lebih dari 150 peserta dan mahasiswa semeseter 4, 6 dan semester 8. Dibuka langsung oleh Ketua Prodi Bahasa Inggris, Drs. Deddy Suezdi, MM dan juga dihadiri 26 presenter yang berasal dari Dosen dan Mahasiswa.

Kegiatan ini diselenggarakan atas inisiasi para dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris khususnya pengampu mata kuliah Course Design and Innovation in English Language Teaching (ELT), Introduction to Linguistics dan Seminar on Language Teaching. Presentasi hasil penelitian dosen dan mini riset mahasiswa dikemas dalam bentuk seminar dan poster presentation.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak atas terlaksananya Student Research Expo 2016 ini, dan sebelum acara saya buka, saya mohon kesediannya kepada semua yang hadir, marilah kita mengirimkan surrah Al-Fatihah kepada Rektor UIA, Prof. Dr. Hj. Tutty Alawiyah AS, MA, dimana besok hari Minggu 12 Juni 2016 adalah 40 harinya beliau meninggalkan kita semua,” papar Deddy Suezdi.

Kaprodi Bahasa Inggris FKIp-UIA itu mengungkapkan, bahwa research expo seperti ini sangat penting bagi mahasiswa sebagai latihan untuk melaksanakan penelitian dan persiapan untuk seminar skripsi. Ide-ide baru terkait inovasi pembelajaran dan penggunaan teknologi lahir dari kegiatan riset seperti ini. “Sehingga apresiasi yang mendalam ditujukan pada para presenter baik dosen dan mahasiswa yang sudah mempublikasikan hasil penelitian mereka dalam bentuk seminar dan poster,” ungkap Deddy Suezdi.

Beberapa topik yang menarik antara lain penggunaan website road to grammar.com untuk pembelajaran grammar, accordion book project for reluctant writers, podcast untuk pengajaran listening, code switching and code mixing, TED talks sebagai strategi pengajaran listening, Creative video production to promote students’ learning interest and motivation, picture series, flash card dan masih banyak lagi topik menarik lainnya yang berhubungan dengan inovasi pengajaran.

Disela-sela pembukaan, prodi Bahasa Inggris juga memberikan penghargaan kepada dua orang mahasiswa yang telah mewakili UIA dalam ajang debat Nasional sejabodetabek dan banten “English Debating Championship” yang dilaksanakan oleh KOPERTIS wilayah III. Ana Maryam Solikha mahasiswa semester 6 dan Ading Sudiana mahasiswa semester 8, mereka berdua membawa UIA berada pada posisi ke 12 dari 16 team terbaik se Jabodetabek dan Banten.

Selain seminar dan poster presentation, pada acara ini juga diadakan STUDENT RESEARCH EXPO AWARD dan memilih mahasiswa terbaik berdasarkan kategori Best Poster, Best Presenter, Best Paper, The Most interesting topic of research, Favorite presenter pilihan audiens, dan Best Paper.

Kategori best poster dimenangkan oleh Mega perwakilan semester 4, dan Ayu wahyuni dari semester 6. Ana Maryam semester 6 dan Nindya semester 4 memenangkan kategori Best Presenter. Sedangkan untuk the most interesting paper dimenangkan oleh Mayang Sari semester 6. Untuk kategori Best Paper dianugrahkan kepada Dimas Fahmiansyah dengan topik TED TALKS sebagai strategi pembelajaran listening. Yang terakhir adalah kategori presenter favorit pilihan audiens adalah Majda Alimuddin mahasiswi semester 8 dengan topik penelitian Jeopardy Game untuk pembelajaran vocabulary bahasa inggris.

fkip-bi student expo 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here