PSPBI FKIP-UIA Gelar Annual Food & Cultural Festival ke-4

0
404

Jatiwaringin (UIA) ~ Untuk ke-4 kalinya Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PSPBI) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iyah (FKIP-UIA) menggelar Annual Food & Cultural Festival.

Hadir seluruh pimpinan dan dosen FKIP-UIA serta seluruh peserta dan para mahasiswa yang memang begitu antusias dari festival yang diadakan di Gedung Alawiyah lantai 8 Kampus UIA, karena pergelaran ini yang ke-4 kalinya sehingga para pesertapun bertambah dari tahun-tahun sebelumnya.

Menurut Dekan FKIP-UIA, Drs. Ari Sumitro, MM.Pd bahwa digelarnya food and cultural performance merupakan project akhir mata kuliah Cross Cultural Understanding (CCU). Diharapkan mahasiswa selain belajar teori juga bisa memahami budaya secara praktikal. Hal terpenting adalah proses yang dijalani sejak awal sampai akhir semester. Melalui project seperti ini mahasiswa tidak hanya belajar budaya tetapi juga belajar bekerjasama, berkolaborasi untuk mempersiapkan festival juga bisa menambah wawasan mereka terhadap budaya lokal, nasional dan internasional.

Pada kesempatan itu Dekan FKIP-UIA juga memberikan apresiasi kepada mahasiwa PSPBI semester 6 yang telah meraih Medali Emas di program AYCE dan keberhasilan mereka merupakan contoh nyata terhadap pemahaman budaya Luar Negeri yang sudah mereka dapatkan pada saat mereka kuliah CCU di semester 4. Kegiatan seperti ini sangat membantu mahasiswa dalam belajar budaya.

“ALHAMDULILLAH, kami team teaching mata kuliah CCU dan seluruh dosen PSPBI berusaha melakukan secara konsisten project based assessment sesuai dengan karakteristik mata kuliah. Ini sudah memasuki tahun ke-empat dan semoga kedepan ada ide baru yg inovatif yg mendukung pembelajaran secara teori dan praktek yg lebih baik. Mahasiswa bahasa inggris harus memiliki soft skill seperti kompetensi interkultural sehingga cakap dalam berinteraksi dengan masyarakat internasional. Pada pinsipnya belajar bahasa dan budaya harus secara bersamaan,” ujar Ari Sumitro.

Pada festival ini mahasiswa menampilkan tarian tradisional, lagu daerah atau negara, permainan khas, juga makanan dan minuman yang berasal dari Indonesia, india, jepang, China, Korea, Arab, Turki, dan Amerika Serikat, dimana para pimpinan Fakultas serta seluruh yang hadir ikut mencicipinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here