Pelantikan Mahasiswa Baru 2016/2017 dan Kuliah Perdana

0
1562

maba-2016-aJatiwaringin (UIA) ~ Ucapan Selamat datang di kampus tercinta, kampus kebanggaan umat, yaitu kampus berpadunya ilmu dan agama, Universitas Islam As-Syafi`iyah (UIA) Jakarta kepada 1.459 Mahasiswa Baru yang telah dilantik oleh Rektor UIA.

اَهْلًا وَمَرْحَبًا بِكُمْ بِجَامِعَةِ الشّافِعِيّةِ الاِسْلَامِيّةِ

Kalimat itu disampaikan pada acara Pelantikan Mahasiswa Baru Universitas Islam As-Syafi’iyah Tahun Akademik 2016/2017 yang dilaksanakan di Plasa Kampus UIA, Sabtu 24 September 2016. Dihadiri Dewan Pembina Yayasan Perguruan Tinggi As-Syafi’iyah (YAPTA) dan Ketua YAPTA, Rektor, para Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, Pimpinan Fakultas dan Direktur Akademi, para Dosen serta jajaran karyawan UIA.

Seusai dilantik langsung para Mahasiswa Baru mendapat Kuliah Perdana, dimana sebagai Pembicara disampaikan oleh Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA, adalah pakar penerbangan dari Indonesia. Ia adalah anak pertama dari pasangan Hasri Ainun dan Prof. Dr. Ing H. Bacharuddin Jusuf Habibie, Mantan Presiden RI yang ketiga. Sebagai sarjana penerbangan, melalui PT Regio Aviasi Industri, Ilham Akbar Habibie membidani Program Regio Prop, proyek pesawat komersial buatan dalam negeri yang merupakan pengembangan dari N-250.

Rektor UIA, Dr. Masduki Ahmad SH.,MM melantik secara langsung para Mahasiswa Baru yang telah mengikuti Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru (MTMB) UIA Tahun Akademik 2016/2017, kemudian menyematkan Jaket Almamater kepada Mahasiswa Baru yang didampingi Dekan masing-masing Fakultas, Direktur Pascasarjana dan Direktur Akademi Keperawatan.

Rektor UIA dalam sambutannya mengungkapkan, bahwa UIA siap akan meluluskan para Sarjana, generasi muda untuk menjadi pemimpin ditengah-tengah masyarakat, dimana UIA telah meluluskan insan-insan terbaik dan berguna bagi nusa dan bangsa dengan karakter Ulul Albab.

“Seorang pemimpin yang memiliki kepribadian ulul albab, yaitu: pertama, memiliki kecerdasan intelektual, mempunyai kematangan emosional dan spiritual. Kedua, jujur dengan suara hatinya yang terdalam. Ketiga, selalu ingat kepada Allah Swt. di saat bagaimanapun. Keempat, mengambil pelajaran di balik apa yang ditetapkan Allah terhadap semua ciptaan-Nya. Kelima, mensucikan Allah dan mengagungkan namanya. Keenam, membawa kemaslahatan duniawiah dan ukhrawiyah,” tambah Rektor UIA.

Prof. Dr. H. Dailami Firdaus SH, L.LM., MBA selaku Ketua YAPTA mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Baru yang telah dilantik Rektor UIA, ia begitu bangga dengan perhelatan MTMB-UIA 2016 hingga pelaksanaan Pelantikan Mahasiswa Baru dan Kuliah Perdana yang disampaikan Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA.

“Sebelumnya terlebih dahulu saya ingin mengajak hadirin untuk membacakan surah al-Fatihah, ditujukan kepada Mu`assis As-Syafi’iyah, al-Maghfurlahu KH. Abdullah Syafi’ie dan ibunda al-Maghfurlaha,  Prof. Dr. Tutty Alawiyah AS, MA, juga untuk ayahanda, al-Maghfurlahu H. Ahmad Chatib Naseh, dan kepada semua tokoh yang telah berjuang untuk kemajuan UIA,” ujarnya dan seluruh yang hadir membacakan surrah Al-Fatihah.

Sambutan yang disampaikan oleh Prof. Dr. H. Dailami Firdaus, untuk melihat isi teks, silahkan KLIK sambutan-ketua-yapta-acara-pelantikan-mahasiswa-baru-uia-2016.

Di akhir sambutan, Ketua YAPTA berpesan kepada para mahasiswa baru yang telah dilantik, agar belajar dari figur KH Abdullah Syafi’ie dan Prof. Dr. Tutty Alawiyah. “Saudara-saudara hendaklah memiliki 5 sifat yang dimiliki figur tersebut. Tentunya saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara semua akan meraih sukses baik dalam study, dalam karier, maupun dalam kehidupan,” tambah Dailami Firdaus.

Ditengah-tengah acara, Direktur Biro Penerimaan Mahasiswa Baru (PENMARU) UIA, Drs. H. Markidi, MM memberikan laporan secara tertulis dengan yang diraih Biro Penmaru-UIA, bahwa pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017 adalah sebanyak 1.459 orang. “Saya berterima kasih kepada semua yang telah membantu dalam penerimaan mahasiswa baru UIA,” ujar H. Markidi dan kemudian menyerahkan berkas kepada Rektor UIA.

maba-2016-b
Mahasiswa Baru 2016 dengan didampingi Dekan Fakultas, Direktur Pascasarjana dan Direktur Akademi dilantik oleh Rektor UIA.
maba-2016-c
Ikrar Sumpah Jabatan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2016/2017.
maba-2016-markidi
Direktur Biro Penmaru UIA menyerahkan berkas daftar penerimaan mahasiswa baru 2016 kepada Rektor UIA.
maba-2016-masduki-ahmad
Rektor UIA, Dr. Masduki Ahmad, SH., MM.
maba-2016-dailami-firdaus-sh
Prof. Dr. H. Dailami Firdaus, SH., L.LM., MBA selaku Ketua YAPTA.
maba-2016-ilham-akbar-habibie
Pembicara Kuliah Perdana Mahasiswa Baru 2016/2017, Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here