PBI-FKIP UIA Laksanakan TOEFL Prediction

0
314

Jatiwaringin (UIA) ~ Test of English as a Foreign LanguageTOEFL merupakan test proficiency yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang tanpa dikaitkan secara langsung dengan proses belajar mengajar.

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Prodi PBI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam As-Syafi’iyah (FKIP-UIA) melaksanakan kegiatan tersebut di lantai 2 Gedung K.H. Abdullah Syafi’ie (Rektoriat Kampus UIA), Sabtu 2 Februari 2019 dihadiri peserta dari Mahasiswa yang mengikuti pendidikan di jurusan itu.

Ketua Prodi PBI FKIP-UIA, Deddy Suezdi yang membuka pelaksanaan TOEFL itu mengatakan, ada tiga macam tes TOEFL yaitu International TOEFL test, Institutional TOEFL test, dan TOEFL Like-Test.

“Perbedaannya adalah bahwa soal International TOEFL baru dalam setiap pelaksanaan tes. Sedangkan soal institutional test dan TOEFL Like-test bersumber pada soal-soal beberapa tahun sebelumnya dari International TOEFL test,” ujarnya.

Selain itu, Kaprodi PBI itu memaparkan, bahwa tes TOEFL iBT format baru ini merupakan suatu alat bahasa Inggris yang dapat mengukur keempat keterampilan berbahasa (Listening, Reading, Speaking dan Writing) secara objektif, valid dan terfokus bagi mereka yang mengikuti tes TOEFL ini.

Dengan demikian, TOEFL iBT merupakan alat ukur standar bahasa Inggris dalam dunia akademik yang tepat digunakan sebagai:
1. Persyaratan bahasa Inggris untuk studi ke luar negeri.
2. Screening program beasiswa atau pertukaran mahasiswa
3. Standar kesiapan mengikuti program akademik berbahasa Inggris
Tes TOEFL lebih berorientasi kepada American English, berbeda dengan jenis tes IELTS yang berorientasi kepada British English.

Kaprodi PBI FKIP-UIA, Deddy Suezdi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here