PAI-FAI Gelar Workshop Tentang Profesionalisme Guru

0
421

Jatiwaringin (UIA) ~ Dengan semakin pesatnya perkembangan IPTEK pada Abad ke 21 ini tuntutan guru semakin kompleks mengingat semakin banyaknya variabel yang harus ditangani guru dalam proses pendidikan yang baik, menyangkut administrasi sekolah maupun keterampilan mengelola siswa.

Demikian dikemukakan Drs. Sutiono, M.Pd sebagai Ketua Program Studi (Kaprodi) Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) pada pelaksanaan Workshop dengan thema; “Membangun Profesionalisme Guru Menjawab Tantangan Abad 21.” Di gedung KH. Abdullah Syafi’ie (Rektoriat) lantai 2 Kampus UIA.

Workshop yang dilaksanakan oleh PAI-FAI UIA itu selama 2 hari berturut-turut (6-7 April 2018), dengan para nar sumber yakni, 1. Dr. H.A. Ilyas Ismail, MA (Dekan Fakultas Agama Islam), 2. Riko Anggara, S.Sos (Producer, Presenter and Reporter Radio & Televisi), 3. Drs. Engkus Kusnadi, M.Pd (Dosen Tetap UHAMKA) dan sebagai moderator 1. Dra. Neneng Munajah, MA dan 2. Dra. Ella Rahmah Laelasari, M.Pd.

“Bagaimanapun sempurnanya sebuah kurikulum tanpa didukung oleh kemampuan guru, maka kurikulum itu hanya sesuatu yang tertulis dan tidak memiliki makna. Suksesnya pendidikan tergantung dari keberhasilan pelaksanaan pembelajaran di kelas, sedangkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar tergantung pada guru, karena guru merupakan ujung tombak dalam proses pembelajaran,” papar Sutiono itu.

Kesimpulan dari ketiga pembicara tersebut, bahwa dengan menjawab tantangan abad 21, seorang guru harus mampu menyampaikan pikiran dan gagasan dengan baik secara lisan, tulisan (buku, surat kabar, majalah, jurnal dan website) secara visual maupun audio-visual. Juga mampu berkomunikasi secara lintas bahasa, budaya, agama, dan trans-nasional (cross-cultural communication), serta mampu dan trampil menggunakan ICT (information and communication technology).

Dr. H.A. Ilyas Ismail, MA (Nara Sumber), Dra. Neneng Munajah, MA (Moderator).
Riko Anggara, S.Sos (Nara Sumber), Moderator: Dra. Ella Rahmah Laelasari, M.Pd.
Drs. Engkus Kusnadi, M.Pd (Nara Sumber), Moderator: Dra. Ella Rahmah Laelasari, M.Pd.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here