FIKes UIA Melaksanakan Sunatan Massal bagi Anak-Anak dari Rangkaian Hajatan Betawi-2

0
140

Jatiwaringin (UIA) ~ Panitia Pelaksana “Hajatan Betawi UIA ke-2” (HB-2) bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) melaksanakan Sunatan Massal di Gedung Kampus 2 UIA, Kamis 1 November 2018.

Penggagas Hajatan Betawi, Prof. Dr. H. Dailami Firdaus, SH., L.LM, MBA membuka secara langsung Sunatan Massal sebagai rangkaian kegiatan Hajatan Betawi itu. “Dengan mengucap Bismillahir rohmanir rohiiim pelaksanaan Sunatan Massal saya buka, dan ini adalah acara pertama dari rangkaian pelaksanaan Hajatan Betawi,” ujarnya.

Pelaksanaan Sunatan Massal dihadiri pimpinan UIA, Rektor UIA Dr. Masduki Ahmad, SH., MM, para Wakil Rektor, Direktur BAPP H. Syarif Abdullah Syafi’ie, Direktur Penmaru UIA serta pimpinan FIKes UIA dan jajarannya, para mahasiswa-mahasiswi Prodi Keperawatan, juga hadir tokoh betawi yakni Bang Aden MC, Bang Bachtiar, peserta Sunatan Massal yang terdiri dari anak-anak yatim/piatu dan seputar pendaftar dari lingkungan sekitar.

Seperti yang diungkapkan para ahli kedokteran bahwa khitan mempunyai faedah bagi kesehatan karena membuang anggota tubuh yang yang menjadi tempat persembunyian kotoran, virus, najis dan bau yang tidak sedap. Air kencing mengandung semua unsur tersebut. Ketika keluar melewati kulit yang menutupi alat kelamin, maka endapan kotoran sebagian tertahan oleh kulit tersebut. Maka menurut jumhur (mayoritas ulama), hukum khitan bagi lelaki adalah wajib. Para pendukung pendapat ini adalah imam Syafi’ie, Ahmad, dan sebagian pengikut imam Malik.

“Nanti anak-anak yang dikhitan ini dalam pembukaan acara Hajatan Betawi pada hari Sabtu tanggal 10 November 2018 akan menjadi penganten sunat dan ditempatkan yang khusus sehingga nanti insya Allah akan dilihat oleh Gubernur DKI Jakarta, para Walikota se-DKI, tokoh-tokoh masyarakat betawi serta para undangan di acara itu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, bahwa FIKes UIA juga akan melaksanakan “Donor Darah” di rangkaian perhelatan Hajatan Betawi UIA ke-2, pelaksanaannya tetap di ruangan yang sama, Gedung Kampus 2 UIA.

dari kiri ke kanan: H. Syarif AS (Direktur BAPP-UIA), Bang Bachtiar, Bang Aden MC, Prof. Dr. H. Dailami Firdaus, SH., L.LM., MBA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here