Fikes-UIA Gelar Seminar Kesehatan Tentang Lansia

0
194

Fikes Seminar Kesehatan 4Jatiwaringin (UIA) ~ Lansia membutuhkan perhatian dan dukungan keluarga untuk beradaptasi terhadap perubahan dan kemunduran yang terjadi akibat proses penuaan yang dialaminya, untuk itulah keluarga merupakan support system utama bagi lansia.

Demikian pembukaan dalam Seminar Kesehatan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam As-Syafi’iyah (Fikes-UIA) di Auditorium lantai 8 Gedung Alawiyah Kampus UIA, dengan mengambil thema Peran Keluarga Dalam Perawatan Lansia di Rumah. Dihadiri seluruh mahasiswa Fikes dan Akademi Keperawatan (Akper) UIA, civitas akademika UIA dan IM3 sebagai sponsor kegiatan tersebut.

Dekan Fikes-UIA, Siti Fatimah, S.Kp., M.Pd dalam sambutan pembukaan Seminar Kesehatan mengungkapkan, lansia akan merasa puas dalam hidupnya apabila ia dapat menerima diri dan lingkungannya secara positif. Keluarga perlu meningkatkan kepeduliannya dan perannya dalam melakukan perawatan pada lansia yang meliputi perawatan fisik, psikologis, sosial dan spiritual sehingga lansia dapat merasa puas, nyaman dan bahagia dalam menjalani hidupnya serta dapat meningkatkan kualitas hidup lansia.

“Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran peran keluarga dalam perawatan lansia dan kepuasan lansia pada keluarga. Sehingga perlu adanya penelitian tentang hal itu, tentunya diharapkan dengan seminar kesehatan ini, khususnya mahasiswa dapat diambil sebagai pelajaran penting,” tambah Siti Fatimah.

Dengan penelitian ini diharapkan kepada semua pihak, khususnya keluarga agar dapat meningkatakan perannya dalam melakukan perawatan pada lansia sehingga lansia dapat merasa puas terhadap perawatan yang diberikan keluarga serta meningkatkan kualitas hidup lansia.

Adapun sebagai pembicara dalam Seminar Kesehatan Fikes-UIA adalah, Ns. Jajang Rahmat, M.Kep, SP, Kep, Kom selaku Ketua Persatuan Perawatan Nasional Indonesia (PPNI) DKI Jakarta, Ns. Kusdiah Eny Subekti, M.Kep, Sp, Kep, Kom selaku pengurus Ikatan Perawat Kesehatan Komunitas Indonesia (IPKKI) Jakarta Timur, Ns. Ibnu Abas, M.Kep, Sp, Kep.Kom selaku PS Kepala STW Karya Bakti.

Di akhir acara Seminar Kesehatan itu diberikan hadiah dan sertifikat kepada mahasiswa semester yang ikut lomba Dekorasi dan Kebersihan Kelas.

Fikes Seminar Kesehatan 2
Dekan Fikes-UIA, Siti Fatimah, S.Kp., M.pd

Fikes Seminar Kesehatan 1

Fikes Seminar Kesehatan 3

Fikes Seminar Kesehatan 5

LEAVE A REPLY