Dr. Hasbullah ST.MT, Dilantik Sebagai Dekan Fakultas Sains & Teknologi UIA

0
1116

hasbullah-dilantik-dekan-fst-aJatiwaringin (UIA) ~ Ketua Yayasan Perguruan Tinggi As-Syafi’iyah (YAPTA) Prof. Dr. H. Dailami Firdaus SH, L.LM., MBA didampingi Rektor Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) Dr. Masduki Ahmad SH., MM melantik Dekan Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam As-Syafi’iyah (FST-UIA) periode Tahun 2016 – 2019.

Adapun Dekan FST-UIA yang dilantik itu, Dr. Hasbullah ST.MT. Hal ini sesuai Surat Keputusan No. 59/01/UIA/X/2016, tentang Pengangkatan Dekan Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam As-Syafi’iyah. Pelantikan dilaksanakan pada hari Rabu, 19 Oktober 2016 di Gedung Rapim Kampus UIA, dihadiri seluruh Pimpinan UIA, para pimpinan Pascasarjana, Fakultas dan Akademi.

Prof. Dailami Firdaus dalam sambutannya mengatakan, bahwa pergantian kepemimpinan dalam sebuah organisasi adalah sebuah tradisi yang lazim dan lumrah, begitu juga dengan pergantian FST sekarang ini. “Kepada Dekan yang baru diucapkan selamat dan ahlan wa sahlan di UIA, Kampus Berpadunya Ilmu dan Agama,” paparnya.

Berkaitan dengan pergantian Dekan FST, ungkap Dailami Firdaus, pengurus Yayasan juga mengucapkan terima kasih serta apresiasi atas perjuangan, kesungguhan, pengorbanan, ketulusan dan keikhlasan Bapak Azis Taba Pabeta yang selama ini telah banyak berbuat untuk Fakultas Sains & Teknologi. “Kami berharap, walaupun Bapak Azis Taba sudah tidak menjadi Dekan FST, namun kecintaan beliau terhadap kemajuan UIA tidak boleh berkurang,” ujar Ketua YAPTA.

Lebih lanjut Prof. Dailami Firdaus mengungkapkan, tentunya FST-UIA diharapkan untuk lebih maju lagi dan menjadi Fakultas di UIA yang sangat diminati oleh semua mahasiswa dan calon mahasiswa yang akan mendaftar. Seluruh Dosen dan tenaga administratif di FST menjadi tim besar yang menjadi gerbong untuk kebaikan dan kemajuan FST.

“Peran strategis sains dan teknologi ini menjadi tantangan bagi Dekan yang baru agar memiliki desain strategis pengembangan FST-UIA ke depannya, sehingga ada arus kesadaran masyarakat, khususnya kalangan generasi muda untuk berminat dan mencintai sains dan teknologi, ini perlu langkah-langkah taktis dan visioner. FST-UIA harus mampu menjadi Fakultas unggulan dan favorit, sekaligus menjadi Universitas alternatif pilihan pertama mahasiswa,” tambah Prof. Dailami Firdaus.

Dr. Masduki Ahmad, SH., MM mengungkapkan, bahwa mutasi, reshuffle, rotasi atau hal lainnya dalam jabatan struktural ataupun fungsional suatu organisasi apalagi sebuah institusi besar seperti Universitas Islam As-Syafi’iyah, merupakan hal wajar untuk dilakukan. Dikatakan demikian karena hal ini merupakan bagian dari penerapan learning organization dimana setiap orang harus mampu memimpin dan dipimpin.

Apabila mengacu pada Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, setidaknya ada tiga poin yang menjadi fungsi pendidikan tinggi, Pertama~ mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa; Kedua ~ mengembangkan Sivitas Akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil berdaya saing, dan kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma; dan Ketiga ~ mengembangkan Ilmu Pengatahuan dan Teknologi dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Humaniora.

“Dapat dilihat pergeseran yang sebelumnya fungsi pendidikan tinggi hanya ditekankan pada pengajaran pendidikan saja, saat ini diorientasikan tidak hanya mendidikan namun juga sebagai menjadi pusat keilmuan, yang kemudian dapat menciptakan produk-produk ilmiah yang dapat menjawab tantangan zaman (ilmuwan),” ujar Masduki Ahmad.

Selain itu, Rektor UIA mengatakan, berdasarkan data dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), ada beberapa program studi di Universitas Islam As-Syafi’iyah memiliki status akreditasi yang sudah kadaluarsa, ada juga yang belum memiliki akreditasi. Hal ini yang kemudian harus menjadi perhatian bersama, dikarenakan dampak dari status akreditasi inilah yang bersifat masih dan meluas.

Selain menjadi standar penilaian suatu kelayakan perguruan tinggi dan program studi (secara formil), tambah Dr. Masduki, namun juga akan berdampak pada nilai promosi (marketing) atau peminatan dari para masyarakat (calon mahasiswa). Karena tidak bisa dipungkiri, bahwa standar nilai akreditasi pun menjadi indikator dalam penilaian masyarakat terhadap sebuah instansi perguruan tinggi dan juga program studi.

“Terakhir, kami atas nama pribadi dan pimpinan Universitas mengucapkan selamat kepada yang telah dilantik, semoga dapat menjalankan tugas dan amanahnya dengan baik dan maksimal , menjunjung tinggi integritas, serta dengan memperhatikan budaya kearifan lokal yang telah terbangun dengan baik. Selamat mengemban amanah, Dr. Hasbullah ST.MT,” demikian Masduki Ahmad.

Kemudian seusai pelantikan, Dekan FST-UIA yang lama dan baru melakukan serah terima jabatan, yakni dari Drs. Azis Taba Pabeta, MS kepada Dr. Hasbullah ST.MT dan kemudian disambut applaus dari yang hadir.

hasbullah-dilantik-dekan-fst-b

hasbullah-dilantik-dekan-fst-c

hasbullah-dilantik-dekan-fst-d

hasbullah-dilantik-dekan-fst-e

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here