Bimbingan Teknis Pengelolaan Perpustakaan Menuju Akreditasi

0
155

Jatiwaringin (UIA) ~ Perpustakaan memiliki peran dan fungsi strategis dalam mendukung pengembangan pendidikan diberbagai jenjang.  Perpustakaan perguruan tinggi, khususnya, berperan dalam mendukung tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Untuk itulah Perpustakaan Universitas Islam As-Syafi’iyah (UIA) bekerjasama dengan Perpusnas RI melaksanakan Bimbingan Teknis untuk persiapan Akreditasi, pelaksanaan Bimtek digelar di Gedung KH. Abdullah Syafi’ie lantai 2 Kantor Rektoriat UIA, Kamis 6 September 2018. Dihadiri seluruh jajaran Staf Perpustakaan UIA, pustakawan, staf Perpusnas RI.

Kepala Perpustakaan UIA, Brigjen TNI (Purn) Nurhadi Purwosaputro, M.Sc mengucapkan terima kasih kepada Perpusnas RI yang telah memberikan kepercayaan kepada UIA dalam pelaksanaan Bimtek Perpustakaan Perguruan Tinggi di Kampus UIA.

Rektor UIA, Dr. Masduki Ahmad, SH., MM yang membuka pelaksanaan Bimtek Perpustakaan UIA menyambut gembira, apa yang diharapkan untuk meraih nilai terbaik akan dapat tercapai. “Semoga dengan bimbingan teknis khusus perpustakaan ini bisa menaikkan nilai yang terbaik dalam akreditasi nanti,” paparnya.

Sementara itu, dimana perpustakaan bisa dilihat dari sebagaimana Undang-Undang RI nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan mendefinisikan perpustakaan sebagai institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para pemustaka.

Salah satu bentuk pengakuan formal terhadap pemenuhan standar perpustakaan yaitu melalui akreditasi perpustakaan. Dalam Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2014 dinyatakan bahwa akreditasi adalah rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi yang menyatakan bahwa suatu lembaga telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan sertifikasi tertentu.

Akreditasi perpustakaan merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi perysaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan. perpustakaan yang telah diakreditasi akan memperoleh sertifikat akreditasi. 3 Lebih lanjut dapat ditambahkan bahwa penerima sertifikat akreditasi perpustakaan menunjukkan telah dapat mencapai tingkatan tertentu dalam pencapaian standar perpustakaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here