BEM FH-UIA Gelar Seminar Kebangsaan

0
557

Seminar Kebangsaan 4Jatiwaringin (UIA) ~ Indonesia ditakdirkan sebagai suatu bangsa yang memiliki keragaman etnis atau suku bangsa, sehingga bangsa Indonesia merupakan bangsa yang majemuk terbesar di dunia.

Demikian dari pendahuluan pemaparan dari materi yang disampaikan M. Yasin Ardhy, SH.MH sebagai pembicara pada acara Seminar Kebangsaan yang diapresiasi Badan Ekesekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Islam As-Syafi’iyah (FH-UIA) di Gedung KH. Abdullah Syafi’ie lantai 2 Kampus UIA, Kamis 26 Januari 2017.

Seminar Kebangsaan dengan thema “Tantangan Pancasila Dalam Memelihara Kebhinekaan Bangsa”, dihadiri dosen dan mahasiswa UIA, juga mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi yang ada di seputar Pondok Gede, Jawa Barat, KNPI, PMJ, GP Ansor dan berbagai Lembaga di lingkungan Kampus UIA.

Adapun para pembicara dalam Seminar KebangsaanĀ  yang digelar oleh BEM FH-UIA itu, selain M. Yasin Ardhy, yakni Abdullah Masyuri dari IKAPI, Andra dari KNPI, Karyono Wibowo sebagai Pengamat Politik, Imaduddin dari DPP GP Ansor, sedang sebagai moderator Miftah.

Damrah Mamang, SH.MH selaku Dekan Fakultas Hukum UIA yang membuka langsung Seminar Kebangsaan itu mengatakan, bahwa keadaan politik dalam sudut pandang hukum sudah mengarah kepada kebablasan, bahkan menimbulkan suatu gejolak yang bisa menimbulkan perpecahan bangsa.

“Saya sangat berterima kasih dan memberikan apresiasi tinggi kepada BEM FH-UIA selaku pelaksana Seminar Kebangsaan, juga kepada para pembicara dari berbagai elemen bangsa. Untuk itulah marilah kita ikuti seminar hingga selesai, sesuai dengan amanat Rektor UIA, jangan meninggalkan acara apapun bila belum selesai,” ujar Damrah Mamang.

Sementara Miftah selaku moderator mengajak kepada semua yang hadir untuk mengirimkan Al-Fatihah kepada para pendahulu Universitas Islam As-Syafi’iyah yang telah berjuang membangun perguruan tinggi ini. “Terutama kita khususkan kepada Kiyai Haji Abdullah Syafi’ie dan Ibu Prof. Dr. Hajjah Tutty Alawiyah AS, MA, semoga mereka diberikan surga yang tinggi, min riyadil jannah,” ujar Miftah.

Sementara dalam paparan materi yang disampaikan M. Yasin Ardhy, Suku bangsa adalah golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas akan kesatuan kebudayaan. “Orang-orang yang tergolong dalam satu suku bangsa tertentu, pastilah mempunyai kesadaran dan identitas diri terhadap kebudayaan suku bangsanya,” tambah Yasin Ardhy yang juga menjabat sebagai Sekretaris Pascasarjana UIA.

Seminar Kebangsaan 5

Seminar Kebangsaan 1

Seminar Kebangsaan 2

Seminar Kebangsaan 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here